Sabtu, 15 September 2012

Menikmati Pasir Putih di Pantai Nampu

Indonesia sebagai negara kepulauan tentu memiliki banyak pantai yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Nampu di daerah Paranggupito, Wonogiri. Saya sendiri sudah dua kali berkunjung ke sini. Pertama adalah di tahun 2010 bersama teman2 kampus dan yang kedua di tahun awal tahun 2011. Dulunya Pantai Nampu masih sepi dan waktu pertama ke sana, pasirnya masih putih dan asli, selain itu juga sepi. Jelas sepi lah, jalannya aja sempit, berkelok-kelok, khas perbukitan karst di daerah pantai selatan. Waktu kedua kalinya ke sana, pantai masih bersih, tapi udah banyak batu-batu pecahan karang yang bertebara. Hal itu karena beberapa saat sebelum saya berkunjung, pantai-pantai di sebagian wilayah di Indonesia memang lagi banyak yang pasang dan berombak besar. Jadi kemungkinan batu itu terbawa arus pasang dan ombak.

Selanjutnya saya akan ngomongin soal waktu tempuh dan medan jalan. Trip pertama bersama temen2 kampus, saya berangkat dari Solo, memilih jalan putar melewati Kota Solo, Grogol Sukoharjo, memakan waktu sekitar 4 jam. Sedangkan bersama temen2 main, saya dari Sragen, di pertigaan Palur langsung lewat Bekonang, Sukoharjo dan saya rasa lebih cepat lewat sini. Sebenernya perjalanan dari Solo ke Wonogiri hanya sekitar 1 jam. Tapi yang jauh adalah dari Wonogiri ke pantainya. Saya kira deket2 sama Wonogiri, ternyata masih jauh banget. Dari Wonogiri ke Kecamatan Batu saja memakan waktu 2 jam, setelah itu dari Kecamatan Batu ke pantainya, menghabiskan waktu 1 jam lebih. Akses jalan, kebanyakan mulus. Tapi kalo udah masuk ke Paranggupito, jalannya kelak-kelok dan sempit, jadi mesti hati-hati banget. Ya khas jalan menuju ke Pantai selatan gitu lah. Kebetulan salah satu temen saya rumahnya di daerah Batu, jadi bisa dapet tempat rest dan makan gratis, paling cuma beli bensin aja. Irit ya? ala-ala backpacker gitu deh, hehehe.

Menjelang masuk kawasan Nampu, nanti bakal ada bapak-bapak yang narik karcis masuk, kira-kira 3000. Terus parkir cuma 2000 aja kalo motor. Kelelahan selama perjalanan ternyata terbayar juga. Pemandangan Pantai Nampu dengan pasir putih bener-bener bikin fresh! Buat kalian yang penasaran, nih pict yang saya ambil dari trip pertama sampai trip kedua:

Trip pertama sama temen-temen kampus. Rest dulu di SPBU

Siap-siap nglanjutin perjalanan
bareng temen-temen kampus
Trip pertama bareng temen2 kampus
Trip kedua bareng temen2 main
Mejeng dulu
(Atas) Rheny, Nabil. (Bawah) Nirra, Me, Upix

(Atas, ki-ka) Ryan, Me, Nirra, Nabil, Somad. (bawah, ki-ka) Edi & Upix
Berteduh dulu yak. Panas banget soalnya, hihihi
Upix in action!
Abang Somad lagi berjemur



Nirra, Me, Nabil, Rheny

Me, Nabil, Nirra

Nirra, Me, Nabil


Tidak ada komentar:

Posting Komentar