Senin, 03 September 2012

Oleh-Oleh dari Kudus

Magang selama 2 bulan di Kudus, nggak afdol rasanya kalo nggak nyoba kuliner khas Kudus. Kabupaten yang dijuluki Kota Kretek ini memiliki macam-macam kuliner yang khas dan beberapa di antaranya tidak ditemukan di tempat lain. Nah, kali ini saya bakal review beberapa makanan khas Kudus. Tapi karena keasyikan makan, saya ga sempet ambil foto kulinernya. Jadi beberapa foto, saya search aja di google image :)

1. Soto Kudus
Ini adalah kuliner yang saya coba ketika pertama datang ke Kudus. Soto Kudus beda dengan soto di tempat saya tinggal. Kalo di Solo dan sekitarnya, soto umumnya berkuah bening, tapi kalo Soto Kudus ini kuahnya kental dan manis (terlalu manis untuk lidah saya yang suka pedes), kalo dilihat sekilas, menurut saya, soto Kudus ini kayak Soto Lamongan (cuma bedanya Soto Lamongan pake telor rebus). Dan satu lagi, di sini jarang atau bahkan nggak saya temui soto dengan daging sapi atau olahan dari daging sapi. Ini karena tradisi turun temurun dan pesan yang disampaikan Sunan Kudus bahwa warga Kudus dilarang menyembelih sapi. Hal ini untuk menghargai pemeluk agama Hindu yang dulu menjadi mayoritas di Kudus. Sebagai gantinya, dipilihlah daging kerbau.

Soto Kudus dengan kuah kental dan rasa yang manis

2. Sate Kerbau
Nah, ini yang unik dari kuliner Kudus, Sate Kerbau! Pasti kalian mikir, gimana ya rasanya daging kerbau. Kalau dilihat dari bentuk kerbaunya, pasti kalian agak ngeri juga ya makan daging binatang yang berbadan gede dan item ini. Nah, pikiran ini yang membuat saya penasaran ingin mencoba kuliner aneh yang satu ini. Mumpung gratis, saya pilih menu sate kerbau sebagai makan malam saya. Soalnya kalo beli sendiri, mungkin bakal mahal banget. Daging kerbau kan jauh lebih mahal dari daging sapi. Potongan dagingnya besar-besar dan hitam pekat, sambel kacangnya beda kayak sambel kacang di sate ayam, pas digigit ternyata daging di dalemnya berwarna merah agak pink, beda kayak daging sapi yang warna dagingnya relatif pucat, tekstur dan serat dagingnya lebih kuat dari daging sapi. Agak aneh sih dimulut saya, tapi tetep abis dong :)

Nih penampakan Sate Kerbau (sumber gambar : www.indonesiakaya.com)

3. Lentog Tanjung
What? Lentog atau Mentog? Agak aneh denger namanya dan waktu tanya asal namanya ke penjual, si ibuk juga nggak ngerti. Lentog Tanjung ini juga khas banget dan cuma ada di Kudus. Pertama denger nama kuliner ini dari cerita satpam tempat saya magang. Eh kebetulan besoknya dapet gratisan lagi buat nyobain lentog tanjung ini (see! how lucky i am! hehehe). Lentog Tanjung ini semacam lontong opor. Tapi untuk lentog ini, lontongnya gede banget, beda kayak lontong2 penjual sate ayam. Saking gedenya, mantep banget kalo dipake buat nglempar maling (hahaha). Lentog tanjung ini pake sayur nangka muda (sayur gori/gudeg) dengan tambahan kuah sambel goreng dan tahu. Porsinya sih kecil, kalo bagi saya, cuma buat camilan aja (keliatan banget porsi makannya banyak, hahaha). Oya, di Kudus ada tempat khusus yang isinya penjual lentog semua, tepatnya di Tanjung Karang.

Lentog Tanjung

4. Tahu Telor alias Tahu Telur a.k.a Tahu Gimbal
Nah, ini makanan yang menurut saya paling juara dari sekian banyak makanan di Kudus. Selama 2 bulan di Kudus, saya aja udah nyoba 4x makanan ini. Isinya lontong, tahu yang digoreng 'gimbal' sama telor, irisan kubis, peyek udang dan sambel kacang. Rasanya mantap dan bikin nagih! Buat yang nggak kenyang kalo makan lontong, bisa diganti pake nasi. Biasanya saya beli tahu telor di Gang 3 (Gang ke3 di sepanjang jalan Ahmad Yani) karena deket dengan kosan.

Tahu Telur a.k.a Tahu Telor alias Tahu Gimbal

Itu tadi beberapa update kuliner yang pernah saya cicipi di Kudus. Kalo mau cari pusat kuliner di Kudus, biasanya di Gang 3 (Gang ke3 di sepanjang jalan Ahmad Yani) dan Taman Bujana (deket alun-alun). Satu lagi, masakan Kudus biasanya manis2, pertama ngrasain nggak cocok di lidah saya, karena saya suka pedes dan nggak suka makanan yang terlalu manis. Semoga bermanfaat :)

1 komentar: