Sabtu, 28 Desember 2013

Keinginan vs Kemampuan

Pernah punya keinginan besar? Pernah merasa punya passion untuk meraih sesuatu? saya pernah! Tapi kadang, besarnya keinginan menutup daya kita untuk melihat kemampuan dalam diri kita. Membuat kita lupa untuk menengok dalan diri, apakah kita mampu untuk meraihnya atau yang lebih sulit adalah menjalani keinginan tersebut. Karena pasti ada konsekuensi yang harus kita terima di balik tercapainya suatu keinginan. 

Ya, kadang saking inginnya, kita jadi buta, tidak dapat melihat bahkan merasa bahwa keinginan kita tidak sesuai dengan kemampuan kita. Padahal jika kita memaksakan keinginan tersebut hasilnya juga tidak akan memuaskan atau bahkan mungkin berhenti di tengah jalan. 

Kita harus memilih, apakah keinginan yang harus kita tekan atau kemampuan kita yang harus ditingkatkan. Jika mampu, tidak ada salahnya meningkatkan kemampuan. Jika tidak, maka keinginan lah yang harus kita tekan. Bukannya pesimis, hanya saja kita harus menyadari kemampuan kita. Harus sadar bahwa ada hal yang tidak bisa kita paksakan, termasuk kemampuan yang juga memiliki kapasitas dan keterbatasan. Karena kadang keinginan tak selalu sejalan dengan kemampuan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar