Rabu, 15 Januari 2014

Kegiatan Bermanfaat Saat Kuliah

Judul posting saya aneh ya. Nggak usah dikasih tau juga orang udah pada ngerti, kalo tugas anak kuliah itu ya belajar. Sambil main juga. But anyway, yang bakal saya sampaikan di sini adalah hal luar biasa yang jarang mahasiswa lakukan tapi bermanfaat ke depannya buat kalian. Karena kuliah adalah masa transisi dari dunia mimpi ke dunia nyata. Saat kuliah, kalian harus mempersiapkan amunisi dan perlengkapan 'perang' untuk menghadapi dunia setelah kuliah, yaitu berburu pekerjaan dan beradaptasi dengan dunia kerja. Apa aja kegiatannya? Cekidot!

1. Berorganisasi


Nggak semua orang punya jiwa organisasi. Tapi at least, nyoba lah ya. Keliatannya sih sepele, tapi bisa jadi nilai plus kalo nanti kalian cari kerja. Pengalaman berorganisasi bakal diperhitungkan, apalagi kalo kalian punya posisi penting di organisasi, nggak sekedar nebeng nama. Di organisasi, kalian juga bisa belajar leadership & teamwork. Beberapa pekerjaan emang memperhatikan aspek tersebut. Berorganisasi juga bisa mengisi waktu senggang, daripada sekedar bengong di kost atau keluyuran melulu.

2. Kerja part time
Ini kegiatan yang bisa kalian lakukan buat yang nggak suka berorganisasi. Kerja part time saya lakukan selama kuliah kemarin. Kalo saya sih milih kerja jadi penyiar. Ada banyak pilihan kerjaan part time selain siaran, seperti jaga warnet, dll. Selain buat ngisi waktu, kerja part time juga bisa nambah uang saku. Pengalaman kerja ini juga bisa jadi nilai tambah buat kalian waktu nyari kerja nanti. At least, kalian udah tau gimana dunia kerja itu. Kerja part time juga bisa membantu kalian buat belajar time management, ngatur dan bagi waktu antara kuliah dan kerja. Kapan mesti kuliah, ngerjain tugas, kerja kelompok, kapan mesti kerja, sampai kapan mesti ngumpul sama temen. Tapi tetep, prioritas utama kalian adalah kuliah. Soalnya kadang kalo orang udah kerja, jadi males kuliah.

3. Tes TOEFL
Beberapa pekerjaan mengharuskan pendaftarnya untuk memiliki sertifikat toefl dengan skor tertentu dalam kurun waktu maksimal 2 tahun terakhir. Daripada bingung ntar nyarinya mendadak, mending disiapin dulu. Pas kalian  semester akhir misalnya. Disela-sela kesibukan kalian ngerjain skripsi.

4. Les bahasa asing
Les bahasa asing selain bahasa inggris ini juga penting lho. Beberapa perusahaan akan kasih nilai plus buat pelamar yang bisa berbahasa asing selain inggris, misalnya mandarin, jepang, prancis, jerman dll. Tapi umumnya sih bahasa mandarin yang paling banyak dicari.

5. Menabung


Biasanya kalian nabung kalo butuh aja kan? Misalnya pengen liburan atau beli gadget terbaru. Kadang kalian lupa kalo kita juga mesti nabung buat kebutuhan nggak terduga di kemudian hari. Nggak ada salahnya menyisihkan sedikit uang saku buat ditabung selama masa kuliah. Setelah kuliah, bukan nggak mungkin kita dapet panggilan kerja atau ketrima kerja di luar kota. Pastinya butuh duit buat transport atau biaya hidup atau sewa kost. Nggak enak juga kan, udah mau kerja tapi masih ngrepotin ortu buat biaya hidup sebelum terima gaji. Nah, uang tabungan semasa kuliah tadi bisa dipake buat biaya transport bolak balik atau biaya hidup atau biaya kost. Nggak semuanya bisa kita handle sih, tapi at least bisa bantu meringankan beban biaya yg harus ortu keluarkan buat kita.

Nah, itu tadi hal-hal yang menurut saya, recommended banget buat kalian lakukan pas kuliah. Kegiatan yang bisa jadi bekal dan amunisi buat cari kerja setelah lulus nanti. Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar