Sabtu, 01 Februari 2014

Jobseeker's Journey (1)

And the journey begins...

Hei guys! I'm coming back and ready to share my new experience as a jobseeker. FYI aja sih, jadi jobseeker itu nggak gampang. Butuh mental yang kuat dan usaha. Bahkan kadang gagalnya usaha kita buat cari kerja dan lamanya menganggur tanpa ada kegiatan juga bikin kita jadi depresi. Kalo ada yang uring-uringan, ngerasa diri paling kurang beruntung, putus asa dan bahkan depresi karena kelamaan nganggur, kalian nggak sendiri! Saya juga pernah merasa seperti itu di masa penantian saya untuk mendapatkan kerja. Kecewa, nggak lolos tes rekrutmen, lamaran di tolak, udah jadi makanan buat para jobseeker. Apalagi kalo temen-temen seperjuangan semasa kuliah dan temen-temen yang wisudanya seangkatan udah pada dapet kerja. Tapi kalo kalian cuma depresi dan meratapi nasib tanpa ada niatan buat move on dari jeratan jobless, kalian juga bakal tetep gitu-gitu aja. Jadi intinya adalah aktif, berdoa dan berusaha.

Nah, di sini saya mau share pengalaman saya selama kurang lebih 5 bulan menganggur terhitung sejak saya wisuda bulan September tahun lalu. Saya juga akan share rangkaian tes di berbagai perusahaan/instansi yang pernah saya ikuti. 

Pertama, saya mau cerita dulu masa nganggur saya pasca wisuda. Seneng rasanya bisa wisuda, ada rasa bangga dan lega karena udah berhasil menyelesaikan studi selama empat tahun pas. Seneng karena bisa melewati masa sulit dan tergalau selama kuliah, yaitu mengerjakan skripsi. Tapi jangan seneng-seneng dulu. Wisuda hanya akhir dari masa studi, tapi bukan berarti akhir dari perjuanganmu. Justru momen wisuda adalah awal dari perjuangan kamu untuk mengarungi hidup yang sebenarnya dan tentunya diawali dengan mencari kerja atau memulai usaha buat kamu yang pengen jadi wiraswasta. Nggak mungkin kan kamu mau nganggur dan menggantungkan hidup terus sama orangtua. 

Setelah wisuda, saya emang masih ada kegiatan siaran yang udah saya jalani sejak kuliah. Lumayan lah buat ngisi waktu dan nambah uang saku. Karena lepas kuliah, malu juga kalo mesti minta uang saku ke orangtua. Setelah wisuda, saya jadi rajin online dan browsing lowongan kerja. Apply lamaran kerja secara online baik via email maupun situs gratis penyedia lowongan kerja. Dan saya juga lupa entah udah berapa kali saya apply lamaran kerja saking banyaknya. Pokoknya tiap ada kesempatan dan jurusan saya masuk di persyaratan, saya bakal apply. Tapi sayangnya, meskipun sudah apply banyak lowongan, saya belum kunjung dapat panggilan tes juga. Frustasi? Iya! jelas! 

Kemudian saya juga ikut jobfair di kampus saya. Lumayan, ada bank-bank besar yang buka lowongan ODP, yaitu Bank Mandiri dan Bank BRI. Saya apply semuanya. Tapi akhirnya saya memilih mengikuti tes Bank Mandiri karena jadwal interview awal di BRI bertumbukan dengan jadwal tes tahap 3 di Bank Mandiri. Tapi sayangnya saya gagal di tengah jalan, yaitu tidak lolos di aptitude test. Masa setelah saya lulus, banyak kementerian, instansi dan daerah yang membuka lowongan CPNS. Akhirnya saya ikut melamar di salah satu instansi meskipun saya nggak begitu niat juga menjadi PNS. Ada tes online bagi pelamar di instansi tersebut dan sayangnya saya nggak lolos juga. Saya jadi merasa bodoh dan kurang beruntung. Depresi juga. Yakali baru tes online aja udah nggak lolos coba :(

Saya juga sedih karena harus melewatkan jobfair besar di salah satu perguruan tinggi ternama di kota tetangga. Saat itu saya harus siaran dan agak kesulitan kalo harus ubah jadwal selama dua hari berturut-turut.  Nggak enak juga kalo harus merepotkan yang lainnya, karena saat itu weekend dan penyiar lain tentu sudah punya acara masing-masing. Akhirnya saya melewatkan kesempatan itu. Atas saran mama saya, saya resign dari radio tempat saya bekerja. Pertimbangannya adalah biar saya fokus buat cari kerja dan punya banyak waktu luang kalo sewaktu-waktu ada panggilan test. Per bulan Desember, saya resmi resign dari radio yang udah dua tahun menampung saya untuk jadi penyiarnya. Sempat depresi juga selama seminggu setelah saya resign karena tidak ada kegiatan. Padahal biasanya saya ada kegiatan siaran meskipun cuma empat jam sehari. 

Kemudian, doa dan usaha saya seperti terjawab dan keputusan saya untuk resign adalah jalan yang tepat. Pas seminggu setelah saya resign ada SMS panggilan test dari LPDB-KUMKM dan itu di Jakarta! Wow, jauh sekali. Tapi dengan segala daya upaya dan usaha, saya ikuti tes tersebut. SMS datang hari Senin dan test dijadwalkan hari Kamis. Fortunately, saya masih dapet tiket kereta ke Jakarta dan berangkat hari Selasa sore dengan menumpang kereta api Senja Utama. Tapi kemudian kekacauan datang setelah sorenya saya dapat SMS dari BPJS-Kesehatan (sebelumnya Askes), bahwa ada jadwal Test TPA-TPU di GOR Jati Diri Semarang besok! hari Selasa! Jam 8 pagi! Padahal itu hari Senin. Kebayang nggak betapa pusingnya saya harus memilih mengikuti tes mana, padahal tiket kereta ke Jakarta sudah di tangan. Akhirnya saya memilih untuk tetap mengikuti tes di Semarang, berangkat pagi dari rumah bersama papa dan sudah sekalian packing untuk ke Jakarta. 

Pagi itu, dengan penuh perjuangan karena harus jalan kaki sekitar 2-3km, sampai juga saya di GOR Jati Diri. Melihat jumlah peserta aja saya udah hopeless. Ada ribuan peserta (termasuk saya dan satu teman saya) dan semua pengen jadi pegawai BPJS-Kesehatan. Itu baru region Jawa Tengah, belum juga region lain di seluruh Indonesia. Mana soal tesnya juga susah, karena isinya pengetahuan tentang BPJS-Kesehatan, saya bener-bener masih awam dan nggak ngerti soal asuransi kesehatan, saya juga sama sekali nggak belajar. Fool me! Akhirnya saya kerjain soalnya dengan intuisi, ngitung kancing, ngitung rusuk genteng gedung, mengira-ngira mana yang keliatannya bener. Pokoknya serba ngawur, karena ini soal yang jawabannya pasti, nggak bisa dinalar. Terlepas jawaban saya benar/salah, yang penting saya kerjakan semua karena nggak ada pengurangan nilai jika jawaban salah. Soalnya sekitar 100an dikerjakan selama kurang lebih dua jam. Karena saya udah buneg menghadap soal yang saya sama sekali nggak ngerti dan ngeliat banyaknya jumlah peserta, saya memilih untuk keluar gedung sebelum waktunya dengan perasaan hopeless. Nggak ngarep deh pokoknya kalo ngeliat saingannya sebanyak itu dan cara pengerjaan saya yang serba ngawur.

Usai tes di Semarang, saya langsung meluncur ke Solo untuk menanti kereta Senja Utama yang akan membawa saya ke Jakarta. Syukurlah, saya masih bisa mengejar waktu, bahkan masih sempat istirahat dan makan siang...

To be continued...

3 komentar:

  1. Terimakasih untuk share pengalaman nya Anggela., saya secara tidak sengaja ketemu blog ini.,
    pengalaman kita hampir-hampir sama.,

    thanks untuk kata2 motivasinya (ditunggu cerhatLog( cerita Curhat di Blog) nya lagi..

    BalasHapus
  2. Mbak angela salam kenal ya..
    Saya mau tanya mbak kmrin gagal di aptitude test nya mandiri di info atau gk mbak? Klo di info lewat apa ya mbak?
    Terima kasih mbak

    BalasHapus
  3. mau nnya ka, di hari sabtu emg pernah di panggil kerja utk test atau diterima?

    BalasHapus