Senin, 19 September 2011

Menghitamnya Kulit Karena Sinar Matahari

Saya termasuk tipikal orang yang suka rewel kalo terkena sinar matahari. Saya bersyukur karena dilahirkan dgn kulit putih (gak maksud nyombong, hehehe) dan pengen banget menjaga keputihan kulit saya. and fool me, saya selalu mikir kalo saya jadi item, ntar gak ada yang naksir sama saya (just my stupid mind) karena saya merasa, menariknya saya ya cuma di kulit ini. temen2 deket saya kadang sebel dan dongkol sendiri kalo ngajak saya ke pantai dan saya (sama sekali) nggak mau nyebur dan panas2an dgn alasan "TAKUT ITEM!". dari situlah muncul pertanyaan, bener nggak sih, kalo orang terlahir putih, bisa cepet jadi item kalo kena sinar matahari? dan gimana prosesnya, matahari bisa bikin kulit jadi item?


well, this is the answer  :
orang yang kulitnya putih, agak susah jadi item dibandingkan mereka yg berkulit sawo matang. Hal ini karena melanocyt (pigmen dalam kulit yg melindungi dari sinar UV) pada kulit mereka yg sawo matang lebih banyak drpd mereka yg berkulit putih. Melanocyt ini akan keluar ketika kulit terkena sinar matahari dan menyebabkan kulit berubah menjadi gelap. sedangkan pada mereka yg berkulit putih, arena melanocytnya sedikit, maka ketika terkena sinar matahari, kulit mereka hanya akan berubah jadi merah karena peradangan akibat sinar UV. kasus sederhananya terjadi pada bule2. saat summer, mereka berlomba2 berjemur di pantai utk mendapatkan kulit cokelat yg mereka inginkan, tapi beberapa minggu kemudian, kulit mereka kembali lagi. 




meskipun begitu, gak ada salahnya menghindari sinar matahari. boleh2 aja sesekali berjemur di pantai, tapi tetep harus pake perlindungan (ex : sunscreen & sunblock). radiasi matahari sendiri bisa mengakibatkan penyakit kulit seperti kanker kulit, keriput dini, kulit kasar, kulit kering, noda hitam, dan lainnya. sinar matahari sendiri terbagi menjadi 3, yaitu UVA (mampu merusakkan kulit), UVB (bermanfaat tapi jika terlalu lama terpapar, dapat membuat kulit jadi terbakar) dan UVC (amat berbahaya!). so, buat kalian yg pengen dapet manfaat ekstra dari sinar matahari, sebaiknya berjemur di waktu antara jam6-9pagi. dan hindari sinar matahari antara jam 10 pagi sampai jam 3 sore. Kalo terpaksa kalian harus berhadapan dgn sinar matahari, utk meminimalisir efek negatif dari matahari, kalian bisa gunakan jaket, topi, sepatu dan kaos kaki saat di luar rumah. selain itu, dari tips yang saya kutip dari perawatancantikalami.com, baju dgn warna merah dan biru dapat menghindarkan kalian dari sinar matahari, karena warna itu menyerap sinar UV paling sedikit.


semoga artikel ini bermanfaat buat kalian. . .
 




Sumber :
http://sangmahameru.info/tag/cara-mengatasi-kulit-hitam-karena-sinar-matahari
http://www.fimela.com/read/2011/07/06/summer-beauty-sun-and-the-city
http://perawatancantikalami.com/artikel/menghindari-panas-mataharipakai-saja-baju-biru-dan-merah.html
http://informasitips.com/sun-protecting-factor-spf-pada-tabir-surya-sunscreen-untuk-melindungi-kulit
http://www.inforedia.com/2011/03/proses-penghitaman-kulit-oleh-sinar.html

4 komentar:

  1. bapak saya di sawah, pagi-pagi sekali berangkat, trus pulang jam setengah 12 an, gak kenapa kenapa tuh kulitnya, tapi saya naik motor (ya jalan-jalan sih ceritanya) dari jam 09 pagi sampai jam 3 sore, langsung deh bagian yang ga ketutup jaket sama kaus tangan berubah jadi item melingkar di pergelangan tangan, eh btw coment di blognya jadi susah gara-gara captcha

    BalasHapus
  2. jgn takut punya kulit hitam krn kulit hitam itu eksotis dan lebih tahan kanker kulit

    BalasHapus
  3. Kulit hitam kalo duitnya banyak tetap laku kok. Hehehe

    BalasHapus
  4. Pengaruh sinar matahari memanglah berdampak pada kulit, untuk itu juga harus pandai mengatur kegiatan agar tidak berhadapan langsung bagi kulit..
    terimakasih untuk infonya semoga semakin bermanfaat.
    Kunjungi juga tps kami Pengaruh sinar matahari Setelah Jam 9 Pagi Sampai 4 Sore Bagi Kulit

    BalasHapus