Rabu, 02 Oktober 2013

Manfaat Memakai Masker

Hollaaa blogreader!! kali ini saya mau bahas soal manfaat memakai masker. Bukan masker yang biasa diolesin di wajah buat kosmetik lho. Iya, bukan masker yang diolesin ke wajah trus bikin orang yang make jadi kayak hantu muka rata yang nggak bisa ngomong dan makin melotot kalo kita ajak bicara, soalnya kalo gerak dikit bakal pecaaahh deh, kelihatan wujud wajah asli dari si pemakai (halaahh). Yang saya maksud di sini adalah masker yang biasa kita pake buat nutupin hidung. Biasanya sih dipake kalo lagi naik motor atau lagi di ruangan luar yang udaranya kotor.

Nah, kalo kita ke Jepang kita juga bakal ngeliat banyak orang pake masker, terutama pas fall (musim gugur) dan winter (musim dingin). Masker itu membantu mereka supaya tidak sakit terkena udara dingin juga menghalau udara bagi sebagian orang yang memiliki masalah alergi. Jadi masker ini cukup penting digunakan saat berada di Jepang. Apalagi kalo di Indonesia, dimana jumlah kendaraan yang ada setiap tahunnya semakin meningkat dan itu kendaraan semuanya ngeluarin asap, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

Orang-orang Jepang pada pake masker
Nah, jadi apa sih manfaat pake masker ini. Kalo menurut saya sih lebih bermanfaat masker ini ya daripada masker kosmetik itu. Harganya juga jauh lebih murah. Lima ribu boleh lah yaaa atau seribuan buat yang sekali pake (Lhoh, kok saya jadi kayak penjual masker, hahaha). Soalnya kalo masker kosmetik sih paling cuma buat kecantikan luar aja. Habis itu dibilas juga ilang. (Yaiyalah, kalo nggak dibilas malah bikin ngeri yang ngeliat -,-). Kalo masker yang ini, bisa bermanfaat luar dalem. Simak aja ulasan saya yang berikut ini. Cekinyoott!

1. Melindungi pernapasan dari polusi udara
Nah! Ini fungsi penting dari segi kesehatan. Apalagi buat yang naik motor atau kendaraan umum atau ada di kawasan industri dan jalan raya. Bayangin aja deh, sekarang udah berapa juta motor dan mobil bertebaran di jalan, ditambah lagi truk-truk dan bis-bis tua (mungkin mereka pegang prinsip makin tua makin jadi. iye sih, makin jadi; jadi masalah buat temen2 lain di jalan -,-) yang masih nekat beroperasi sampe kadang ngeluarin asap yang itemnya ngalahin itemnya pantat wajan. Bayangin aja semua kendaraan itu ngeluarin asap, baik yang banyak maupun yang dikit atau yang keliatan maupun yang tidak terlihat asapnya seperti siluman (ada bau asap tapi nggak ada wujud asapnya. Nah loh!). Bayangin aja, asap segitu banyaknya keluar tapi nggak ada yang mau nyedot (Iiiih, saya mah ogah!) kemudian menguap di udara dan dihirup jutaan manusia (lebay -,-). Bayangin aja kalo tiap hari kita menghirup udara kotor itu tanpa adanya perlindungan. Dari luar aja udah item gitu, gimana kalo masuk ke paru-paru. Hiiii, ngeriii! makanya, pake masker ya. Apalagi buat kamu yang sering naik  motor jarak jauh. Saya yang jarak deket aja nggak pernah lupa pake masker. Tapi dari segi polusi udara, masker mungkin akan mulai nggak berguna kalo ada banyak pohon yang ditanam di sepanjang jalan dan jalur hijau karena tugas menyedot udara kotor ini bukan lagi milik manusia tapi pohon-pohon yang secara sukarela dan karena simbiosis butuh-ahlisme menyedot karbondioksida dari asap tersebut. 

2. Melindungi kulit wajah dari sengatan sinar matahari
Suka males pake krim es-pe-ef berapa gitu yang kadang lengket di wajah, yang katanya sih bisa melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Udah gitu mahal lagi (-,-). Ya kalo saya sih, lebih nyaman pake masker atau slayer yang menutupi dari hidung sampe mulut. Selebihnya daerah mata bisa pake kacamata item yang gedenya sewajah itu. Apalagi yang kalo berkendara suka bertemu dan bertatapan langsung, face to face, empat mata, sama matahari.

3. Buat gaya
Masker dengan motif lucu bin unyu-unyu
Sekarang banyak loh masker dengan motif dan gambar macem2. Lumayan kan, bisa sekalian buat gaya. Malah temen saya ada yang punya masker dengan hiasan boneka kecil unyu-unyu di depannya. Duuuh, rasanya pengen nyopot deh. Bonekanya aja sih, maskernya nggak.

4. Menyembunyikan wajah
Nah! Ini menurut saya point yang paling penting. Masker bisa dipake buat menyembunyikan wajah. Setidaknya sebagian dari wajah kita. Kenapa mesti sembunyi? Ya di jalan yang penuh dengan jutaan kemungkinan, kekonyolan dan hal-hal menjengkelkan, kadang membuat kita rasanya pengen sembunyi dan nggak dikenali. Ya bukannya ngerasa sok dikenal sih, macem artis yang kemana-mana banyak yang kenal atau tahu (artis aja juga kadang ada yang nggak kenal), tapi buat jaga-jaga aja sih. Misalnya, di jalan kamu nglaksonin orang terus-terusan saking jengkelnya sama itu orang. Trus orang yang kamu klaksonin jadi ikutan mangkel dan ngeliatin kamu, eh ternyata itu orang kenal sama kamu. Misalnya guru kamu atau tetangga kamu, atau parahnya emak kamu sendiri. Nah! Ini baru namanya disaster. Kalo dia guru kamu, jangan salahin kalo besoknya nilai kamu yang harusnya B jadi C. Atau kalo tetangga kamu, jangan marah-marah kalo di rumahnya lagi ada kondangan dan kamu nggak dapet jatah hantaran kue atau makanan, hahaha. Beda kalo pake masker, setidaknya wajah  kita tersamarkan. Atau mungkin kamu nggak kenal orang itu, tapi kemudian di suatu tempat atau suatu waktu, ternyata orang itu adalah bapak dari pacar kamu, atau interviewer dari perusahaan yang kamu lamar dan masih inget sama wajah kamu. Siapa tahu, kejadian menyebalkan yang terjadi antara kalian berdua di jalan tempo hari masih teringat jelas dalam benak beliau dan masih menyisakan kekesalan dalam hatinya. Nahloh, nggak mau kan gagal jadi menantu idaman? Nggak mau kan ditolak kerja? Makanya pake masker biar wajah kalian terselamatkan ketika melakukan suatu kesalahan dan kekonyolan di jalan (halah, uopooooh to iki -,-). Pake masker juga bisa menyelamatkan kalian dari pandangan kecewa lawan-lawan jenis setelah melihat wujud asli di balik helm berkaca bening tanpa masker. Duuh, mas/mbak motornya keren banget sih. Stylenya oke. Pas dilihat wajahnya, duuuhh ZONK! -___-". Nggak mau kan kalian diliat cewek-cowok dengan pandangan seperti itu. 

Oke. Sekian saja posting (yang menurut saya) paling nggak jelas, absurd, konyol dan maksa yang pernah saya post di blog. Kalo kecewa, jangan banting laptop atau kompi nya ya. Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan gadget atau perasaan dalam hati anda setelah membaca posting saya kali ini. *kemudian kabuuurrrrrrr*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar